Selasa, 28 Agustus 2012

AWAS dompet BOCOR



Salam Eco,,

Sobat, sebelumnya coba jawab pertanyaan ini :
  1. Berapa uang saku / jajan kamu dalam satu bulan ? 
  2. Pernah ndak, uang saku kamu habis sebelum waktunya ? 
Yupz, kalo uang saku kamu habis sebelum waktunya, ada beberapa kemungkinan :
  1. Tidak merencanakan penggunaan uang saku dengan benar 
  2. Mengeluarkan uang saku tidak sesuai rencana 
  3. Uangnya dicuri atau hilang 
  4. uangnya tidak cukup 
Ok sobat, kita bedah 4 poin diatas...

Kalau masalahnya adalah poin a, maka solusinya adalah buat rencana pengeluaran uang saku sesegera mungkin dan DICATAT, ingat DICATAT, jangan hanya merencanakan di pikiran saja. Catat serapi mungkin dan tempel di tempat kamu bisa melihat dan menjangkaunya.

Nah, bagaimana kalau masalahnya seperti di poin b ?

Sobat, ini biasanya yang sering terjadi, tidak hanya di kalangan remaja yang baru mendapat pemasukan dari orang tua, bahkan hal ini juga tertimpa pada banyak orang yang sudah kerja. Perlu diketahui, ternyata dompet kita bisa bocor tanpa kita sadari. Bukan karena dompetnya jelek, tapi karena ada pengeluaran pengeluaran yang tidak direncanakan, yang membuat dompet bocor.

Berdasarkan suatu riset, terdapat 5 pengeluaran anak muda yang tidak terencana.
Hibuan (bioskop, ngafe, clubbing ngengsreng)
Belanja baju, sepatu, aksesoris dan lain lain
zakat, amal
Internet
Kesehatan

Nah, sekarang coba deh lihat, adakah diantara 5 hal diatas, uang sering kita keluarkan tanpa direncanakan. tiba tiba pengin beli baju, tiba tiba pengin nongkrong dikafe, serba tiba tiba pokoke.. Saatnya kebiasaan itu dimanaj atau diatur dengan apik.

Coba, mulai alokasikan 10% sampai 20% uang saku buat pengeluaran tidak terencana seperti diatas. Misal uang saku dalam 1 bulan Rp 200 ribu, maka sisihkan Rp20 – 40 ribu buat yang seba tiba tiba itu. Kalau dalam 1 bulan ternyata gak ada pengeluaran yang tiba tiba, bisa tuh dimasukin ke celengan atau tabungan. (saatnya menabung )

Tapi ingat, membuat rencana pengeluaran itu dibuat bukan berdasar keinginan mana dulu yang mau dibeli, tapi berdasar prioritas kebutuhan. Jangan sampai shopping, nongkrong, lebih didahulukan dari pada beli alat tulis, keperluan sehari hari, atau transport (uang bensin).

Lanjut ke poin c. apabila masalahnya ilang atau dicuri, berarti harus meningkatkan keamanan dalam menyimpan. Hindari hal hal yang membuat pencurian terjadi. Ingat, kejahatan tidak terjadi semata karena ada niat, tapi karena ada kesempatan. WASPADALAH, WASPADALAH.

Terakhir, apabila uang sakunya yang kurang, bisa laporan ke orang tua deh. cuman lapor sih, hehehe, perkara ditambah atau ndak dikasih ya tergantung takdir. Atau bisa mencoba jualan ala pelajar, lumayan, bisa buat latihan mandiri plus dapet penghasilan tambahan.

Ok. Sekian dulu about DOMPET BOCOR.

Semoga bermanfaat, SALAM Eco.

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar