Selasa, 11 September 2012

Presentasi yang Persuasif dan Meyakinkan (Part_1)

Membawakan presentasi adalah salah satu bagian dari pekerjaan tenaga penjual (sales executive). Penjual melakukan presentasi di depan para manajer dan klien yang mempunyai wewenang untuk mengambil keputusan. Para super visordan manajer penjualan juga membawakan presentasi kepada para direktur supaya ide -ide dan penawaran mereka bisa disetujui.

Hal ini serupa pula dengan kasus para manajer pemasaran, yang membawakan presentasi kepada pimpinan mereka agar bisa mendapat persetujuan untuk planningdan budget pemasaran. 

Kenyataannya, dibandingkan dengan rekan-rekan kerja di departemen lain, para profesional di bidang penjualan dan pemasaran pastinya lebih sering membawakan presentasi. Kesuksesan pekerjaan mereka sangat tergantung pada kemampuan untuk menyampaikan presentasi yang PERSUASIF dan MEYAKINKAN, tidak hanya kepada para klien, tetapi juga pada orang-orang internal (sesama rekan kerja, bos dan bawahan).

Sayangnya, kebanyakan penjual dan pemasar TIDAK TAHU cara membawakan presentasi yang persuasif dan meyakinkan. Perhatikan bahwa terdapat perbedaan yang sangat besar antara presentasi yang menarik dan fasih, dengan presentasi yang persuasif dan meyakinkan.

Sebuah presentasi yang menarik dan fasih adalah presentasi yang mampu
menyerap perhatian audiens, membuat audiens ingin mendengarkan lebih lanjut dan membuat audiens bisa lebih terlibat/ berpartisipasi. Presentasi yang mampu men-deliverpengalaman yang menyenangkan. 

Presentasi yang fasih dan menarik akan mampu menghibur dan menyemangati audiens. ITU
SAJA!

Sebalik nya, sebuah presentasi yang persuasif dan meyakinkan mampu untuk
mengubah pikiran ,meyakinkan dan mendapatkan kepercayaan diri audiens untuk
mengambil keputusan. Lebih penting lagi, mampu untuk membuat audiens bergerak
dan bertindak.
Maka ada PERBEDAAN BESAR antara presentasi yang menarik dan fasih dengan
presentasi yang persuasif dan meyakinkan. Tetapi sayangnya, banyak penjual profesional
tidak menyadari perbedaan yang mendasar ini. Mereka terus-menerus menghabiskan waktu dan tenaganya untuk mempersiapkan presentasi yang heboh dan menarik. Hasilnya, presentasi mereka memang bisa diterima dengan baik, tetapi para penjual tetap belum bisa mendapatkan hasil penjualan yang diharapkan. Mengapa? Karena presentasi itu memang menarik, tetapi tidak cukup persuasif dan meyakinkan.

Lalu bagaimana Cara PERSUASIF dan MEYAKINKAN dalam 
Membawakan Presentasi?

Bersambung ....

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar