Jumat, 27 Mei 2011

SBY : Keberhasilan Masterplan Pembangunan Hanya Tuhan yang Tahu

Presiden SBY
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan Masterplan Percepatan Dan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025 hari ini, Jumat 27 Mei 2011. Namun orang nomor satu di Indonesia ini mengatakan keberhasilan MP3EI hanya Tuhan yang tahu.

"Setelah kita luncurkan masterplan ini apa yang terjadi 2011-2025 ini. Kita tidak tahu, hanya Tuhan maha kuasa yang tahu. Logikanya ada dua hal terjadi, pertama Indonesia berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, berarti tujuan ini tercapai, dan juga mungkin bisa gagal," ungkap SBY dalam acara peluncuran MP3EI di JCC, Jakarta, Jumat (27/5/2011).

Presiden juga mengatakan ada lima faktor yang akan membuat rencana atau masterplan ini gagal diantaranya adalah dengan birokrasi yang lambat di pemerintah pusat. "Agar kita benar benar sukses, saya ingin mengulangi kembali kata-kata saya. Ada lima faktor yang membuat kita gagal, implementasi ini tidak berhasil, pertama adalah pemerintah pusat birokrasi lambat," katanya.

Kedua adalah pemerintah daerah yang cenderung menghambat kelangsungan masterplan ini. "Pemerintah daerah karena kepentingan sendiri, cenderung menghambat ini," tambahnya.

Kemudian yang ketiga katanya adalah adanya ketidakpastian dari investor,atau ingkar janji para investor dan dunia usaha. "Investor dan dunia usaha ingkar janji," katanya.

Keempat adalah adanya regulasi yang menghambat pembangunan ini, namun tidak segera memperbaikinya. "Tidak segera memperbaiki regulasi yang menghambat serta yang terakhir adalah proses politik yang tidak sehat," Imbuhnya.

Oleh karena itu SBY mengajak segenap semua masyarakat Indonesia agar mendukung keberhasilanmasterplan ini. Agar nantinya tidak ada kegagalan.

"Gagal atau berhasil kedepannya berpulang kepada kita semua nantinya. Kita harus optimis, dan meyakinkan kita tidak akan gagal, dan kita berhasil. Kalau kita semua berumur panjang tahun 2025, kita menyaksikan kisah sukses, diawali peluncuran ini," pungkasnya.
(wdi)
http://economy.okezone.com/read/2011/05/27/20/461619/sby-keberhasilan-masterplan-pembangunan-hanya-tuhan-yang-tahu

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar